Better Road Better Life

PT Bumi Sarana Utama adalah salah satu anak perusahaan dari Kalla Group yang mendapat kepercayaan dari PT Pertamina sebagai agen aspal curah untuk wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 7 Desember 1988 berdasarkan Akta Notaris Hasan Zaini, SH No.325 dan telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No.C2-4345.HT.01.01 Tahun 1990.

Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia aspal ini mempunyai visi untuk menjadi Perusahaan Penyedia Aspal Terbaik di Indonesia “to be the best asphalt supplier company in Indonesia”. Terbaik dimaksudkan sebagai perusahaan dengan pangsa pasar terbesar, laba paling optimal, wilayah pemasaran terluas, dan pelayanan paripurna kepada konsumen. Di tahun 2014 mendatang perusahaan ini memiliki visi besar yakni mencapai market share 25% secara nasional. Selain itu perusahaan memiliki misi untuk melayani kebutuhan aspal secara prima “to serve asphalt needed by excellent”. Prima diartikan sebagai tepat waktu, tepat volume, harga bersaing dan ready stock.

Dengan Direksi Perusahaan di bawah naungan Dewan Komisaris Ir. Achmad Kalla, Drs. Suhaeli Kalla dan Imelda Jusuf Kalla ini memiliki motto Better Road, Better Life. Direktur Utama dikendalikan oleh Solichin Jusuf Kalla, sementara Direktur Umum & Keuangan Dra. Fatimah Kalla, Direktur Operasional & Pemasaran H.A. Burhanuddin Lestim, SE, MM dan Ir. Farida Kalla sebagai Direktur Migas.

PT. Bumi Sarana Utama mempunyai empat anak perusahaan yakni PT. Bumi Sarana Beton Concrete Beton, PT. Bumi Barito Utama Aspal Curah, PT. Bumi Sarana Migas LPG, HSD, MFO, dan lain sebagainya, dan PT. Bumi Lintastama Angkutan penyeberangan, transportir aspal curah dan transportir LPG.

Selain itu kantor cabang dan terminal aspal curah tersebar dibeberapa kota di Indonesia yakni TAC Palaran Samarinda – Kaltim, TAC Banjarmasin – Kalsel, TAC Mamuju – Sulbar, TAC Parepare – Sulsel, TAC Kessilampe, Kendari – Sultra, TAC Sorong – Papua Barat, TAC Anggrek,- Gorontalo, dan TAC Pantoloan,Palu – Sulteng

Kemudian Lokasi Site Plan & Aset juga tersebar di beberapa titik lokasi yakni Terminal Aspal Curah Area Sulawesi Selatan dengan kapasitas 3.600 Mton di Kompleks Pelabuhan Pare-pare, Terminal Aspal Curah Area Sulawesi Tengah dengan Kapasitas 3.600 Mton di Kompleks Pelabuhan Pantoloan – Palu, Terminal Aspal Curah Area Kalimantan dengan Kapasitas 3.600 Mton di Banjarmasin. Terminal Aspal Curah Area Kalimantan Timur dengan Kapasitas 4.000 Mton di Palaran – Samarinda, Terminal Aspal Curah Area Sulawesi Tenggara Kapasitas 3.000 Mton Kassi Lampe – Kendari. Terminal Aspal Curah Area Gorontalo dan Sulawesi Utara Kapasitas 3.500 Mton Kompleks Pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara. Terminal Aspal Curah Area Sulawesi Barat Kapasitas 2.400 Mton Kompleks Pelabuhan Belang-belang, Mamuju. Terminal Aspal Curah, Area Papua Barat Kapasitas 2.500 Mton Kompleks Pelabuhan Arar, Sorong

Aset lain yang dimiliki oleh PT. Bumi Sarana Utama adalah sebuah kapal tanker dengan kapasitas 3800 Mton yang senilai dengan USD 3.300.00 yang dikelola oleh anak perusahaannya yaitu PT. Bumi Lintas Tama

Diwaktu yang akan datang rencana pengembangan wilayah pemasaran akan dilakuakan dibeberapa titik strategis yakni TAC Mempawah, Kalimantan Barat, TAC Kayong Utara, Kalimantan Barat, Depo Aspal Cilegon-Banten, TAC Lombok,NTB, TAC Merauke,PAPUA, TAC Jayapura, Papua, TAC Seram, Maluku, TAC Bulungan,Kaltim.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.