Awal 2013, TAC Bumi Sarana Utama di Jayapura Beroperasi

PT Bumi Sarana Utama (BSU) pada awal tahun 2013 akan segera mengoperasikan Terminal Aspal Curah (TAC) Jayapura. TAC Jayapura merupakan TAC yang kedua yang dibangun PT BSU di tanah Papua dan yang kesembilan dari keseluruhan TAC yang dibangun PT BSU. Sebelumnya pada 12 September 2012 silam, PT BSU telah meresmikan kantor cabang TAC Sorong.

Mendahului pengoperasian TAC Jayapura, PT BSU mengelar costumer gathering sebagai ajang silatuhrahmi dan acara sosialisasi kepada pelanggan, masyarakat dan pemerintah setempat. Kegiatan ini berlangsung di Swiss Belhotel, Jayapura, 3 Desember 2012.

Direktur Utama PT BSU, Burhanuddin Lestim menjelaskan bahwa kualitas dan spesifikasi aspal curah ini sama dengan yang dikemas dalam drum. Hanya saja seiring perkembangan teknologi, aspal produksi Pertamina Cilacap langsung diangkut dengan kapal tangker menuju TAC. ” TAC Jayapura mampu menampung 2.500 metrikton aspal curah dan juga dilengkapi beberapa armada tangki khusus untuk mengantar aspal curah langsung ke site AMP kostumer, ” jelas Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin menambahkan bahwa aspal curah ini memiliki sejumlah nilai plus seperti pendistribusiannya lebih singkat dari aspal konvensional, membantu kelancaran cash flow karena tidak perlu membeli sekaligus namun bisa dibeli sesuai kebutuhan proyek. ” Di samping itu, akan menekan sejumlah biaya operasional seperti biaya pemanasan dan biaya buruh, ” bebernya.

Vice President Petrochemical Trading, PT Pertamina Pusat, Joko Pitoyo dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap PT BSU, karena komitmen dan kerjasama yang selama ini terjalin erat dengan Pertamina. ” BSU Merupakan mitra kerja Pertamina yang sangat berkembang dan mementingkan kebutuhan masyarakat, terbukti hingga kini BSU telah membangun 9 TAC, ” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Umum Sekda Provinsi Papua, Drs Waryoto M, Msi, mengatakan bahwa kehadiran TAC Jayapura ini akan sangat berkontribusi dalam percepatan pembangunan infrastruktur jalan khususnya menyediakan aspal curah. Olehnya itu, diharapkan dapat terwujud output sesuai harapan penyelanggara pekerja konstruksi secara optimal. ” Kehadiran TAC Jayapura yang dibangun oleh PT BSU akan sangat memudahkan para pelaku kontraktor dalam memenuhi kebutuhan akan aspal, jadi tidak perlu lagi membuang waktu dan biaya untuk membeli jauh dari Papua, ” ucapnya.

Waryoto yang mewakili Gubernir Papua berharap ke depannya Kalla Group akan terus memperhatikan dan berkontribusi di bidang lain dalam membangun Provinsi Papua. ” Tidak cuma dengan aspal, tapi juga kami mengharapkan kerjasama di bidang yang lain, ” tegasnya.

TAC Jayapura ini sendiri terletak di areal Pelabuhan Perintis APO, Jayapura.

Costumer gathering ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tamu dari PU Bina Marga Propinsi dan Kota Jayapura, PT Pertamina UPMS VIII Jayapura, Hiswana Migas DPD Jayapura, Balai Beras Pelaksanaan Jalan Nasional, Gapensi Provinsi dan Kabupaten Jayapura, HIPMI, KKSS< Dinas Perhubungan dan beberapa kontraktor konstruksi jalan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.